Perusahaan Umum Daerah

Kerthi Bali Santhi

VISI

Menyelenggarakan Pariwisata Digital Budaya Bali Secara Professional, Akuntabel, dan Transparan.

Misi

Meningkatkan value added sektor pariwisata  Bali dengan merealisasikan digitalisasi pariwisata Bali Era Baru dengan berpegang teguh pada nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi.

Meningkatkan brand pariwisata digital budaya bali khususnya desa wisata digital dan community based tourism dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan promosi pariwisata baik skala nasional maupun internasional.

Mendukung terealisasinya prinsip Good Corporate / Tourism Governance dalam industri pariwisata Bali.

Strategi Intensif

  1. Strategi Penetrasi Pasar, Meningkatkan value dan promosi dari produk yang sudah dimiliki perusahaan (Love Bali dan e-commerce  Made in Bali) agar dapat memperbaiki posisi kompetitifnya di pasar.
  2. Strategi Pengembangan Pasar, Memperkenalkan wisata budaya bali pada pasar baru (new market) dengan melakukan promosi yang lebih massif melalui channel digital ke seluruh dunia.
  3. Strategi Pengembangan Produk, Mengembangkan prooduk paket desa wisata berbasis community based tourism melalui integrasi wisata budaya, kesehatan, usada (pengobatan tradisional), seni dan kuliner khas masing-masing desa yang dikemas dengan unik dan didukung teknologi digital.

Strategi Diversifikasi

  1. Strategi Diversifikasi Konsentrik, Menciptakan produk baru Kreta Desa untuk mendukung Portal Satu Pintu Pariwisata Bali.
  2. Strategi Diversifikasi Horizontal, Mengembangkan produk e-ticketing dan e-reservation dengan pola kemitraan (joint venture), akuisisi, atau pengembangan internal.

PENYELENGGARAAN PARIWISATA DIGITAL BUDAYA BALI

INSPIRASI PARIWISATA

  1. Destinasi Pariwisata Digital
  2. Siaran langsung atraksi untuk lingkungan Sad Kerthi,  seni dan budaya
  3. Pariwisata digital dengan teknologi realitas tertambah  (augmented reality), dan realitas maya (virtual reality)
  4. Informasi paket tour cerdas
  5. Promosi Pariwisata digital
  6. Teknologi digital lainnya yang dapat memberikan Inspirasi untuk Pariwisata Budaya Bali.

KEDATANGAN WISATAWAN

  1. Keanggotaan elektronik (e-membership) Pariwisata Digital Bali
  2. Teknologi digital untuk pemandu kedatangan wisatawan
  3. Teknologi digital untuk Sistem Keamanan Terpadu Wisatawan;
  4. Layanan digital reservasi Hotel
  5. Layanan digital transportasi online dan Desa Adat
  6. Pasar digital (marketplace) Pariwisata Bali; dan
  7. Teknologi atau layanan digital lainnya untuk kedatangan Wisatawan.
  8.  

DESTINASI DAN KEGIATAN PARIWISATA

  1. Tiket elektronik (e-ticketing) destinasi dan pertunjukkan Wisata
  2. Teknologi digital untuk pemandu dan eksplorasi destinasi Wisata
  3. Presentasi layar sentuh untuk situs dan kegiatan sakral
  4. Layanan Ekosistem tertutup Pariwisata berbasis non-tunai (cashless) terintegerasi dengan sistem pajak hotel dan restoran
  5. Testimoni Obyek Wisata berbasis penghargaan; dan
  6. Teknologi digital lainnya untuk destinasi dan aktivitas  Wisata

PERLAKUAN WISATAWAN PASCA-KUNJUNGAN

  1. Indeks kepuasan Wisatawan
  2. Program loyalitas Wisatawan
  3. Sistem penghargaan Wisatawan
  4.  

PORTAL SATU PINTU PARIWISATA BALI

  1. Reservasi hotel/penginapan
  2. Tiket elektronik (e-ticketing) destinasi wisata
  3. Transportasi online
  4. Pasar digital (marketplace) Pariwisata Bali
  5. Integrasi pembayaran non-tunai (cashless)
  6. Bidang lain sesuai dengan perkembangan industri pariwisata Bali

DOKUMENTASI DIGITAL KEPARIWISATAAN BUDAYA BALI

  1. Setiap pengambilan dokumentasi digital Kepariwisataan Budaya Bali dengan tujuan komersial wajib mendapat persetujuan dari pengampu
  2. Persetujuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dituangkan dalam bentuk kesepakatan lisan dan/atau tertulis antara pengambil dokumentasi dengan pengampu

3 PROGRAM TAMBAHAN PENGEMBANGAN PRODUK APLIKASI DIGITAL LAINNYA

  1. Electric Vehicle Ecosystem
  2. Smart Precision Farming App integrated with market palce
  3. Marketplace UMKM Bali