Pariwisata telah lama menjadi salah satu sektor ekonomi yang penting bagi banyak negara, termasuk Indonesia. Keindahan alam, budaya yang kaya, dan keramahan masyarakat telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata yang populer di dunia. Di tengah perkembangan teknologi yang pesat, peluang untuk meningkatkan pendapatan bisnis pariwisata semakin besar dengan memanfaatkan solusi digital. Salah satu entitas yang terlibat dalam menghadirkan solusi digital untuk meningkatkan pendapatan bisnis pariwisata adalah Perumda Kerthi Bali Santhi.
Salah satu kegiatan usaha yang dimiliki oleh Kerthi Bali Santhi adalah e-Jakti Bali Mandiri atau Portal Satu Pintu Pariwisata (Posturis) Bali. Kegiatan Portal Satu Pintu Pariwisata Bali sebagaimana dimaksud pada Peraturan Daerah Provinsi Bali No. 2 Tahun 2022, dilakukan untuk mengintegrasikan seluruh pemangku kepentingan pariwisata, yang meliputi: reservasi hotel/penginapan; tiket elektronik (e-ticketing) destinasi wisata; transportasi online; pasar digital (marketplace) pariwisata Bali; integrasi pembayaran non-tunai (cashless); dan bidang lain sesuai dengan perkembangan industri pariwisata Bali. Adapun katalog produk dari e-Jakti Bali Mandiri, antara lain:
- Property Management System adalah sistem komputerisasi terintegrasi, yang memudahkan management untuk mengelola dan mengontrol pengelolaan properti, operasional dan manajemen layanan, pemeliharaan dan keamanan. E-Jakti memiliki fitur property management system yang memberikan kemudahan bagi pemilik property atau akomodasi dalam manajemen kamar, penentuan strategi harga, pengelolaan tarif, dan ketersediaan kamar.
- Channel Management System merupakan produk e-Jakti yang sangat berguna bagi pemilik property untuk menghubungkan properti dengan OTA (Online Travel Agent). Layanan ini memiliki beberapa keunggulan yang sangat menguntungkan, di antaranya adalah kemampuannya untuk menghubungkan OTA dari nasional dan internasional secara bersamaan.
- Front Office System ini dapat memudahkan pemilik property dalam penerimaan tamu, pengaturan jadwal kamar, dan pengelolaan waktu. Hal ini tentunya juga dapat mengoptimalkan operasional dan pelayanan perusahaan dalam lingkup bisnis antar perusahaan, menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, serta meningkatkan kinerja dan efisiensi secara keseluruhan.
- Back Office System menawarkan laporan-laporan penjualan, keuangan, dan administrasi yang lengkap serta memberikan layanan informasi yang akurat kepada konsumen melalui front office. Selain itu terdapat fitur manajemen dokumen akan membantu anda dalam mengorganisir, berbagi dan berkolaborasi dokumen. Dalam sistem back office dilengkapi dengan fitur manajemen pegawai yang nantinya akan membantu mengelola tugas, absensi, data dan performa pegawai.
- Booking Engine System akan memudahkan dalam akses pencarian yang cepat dan akurat, informasi yang lengkap dan terperinci, kemudahan pembayaran dan konfirmasi yang instan, serta integrasi yang mudah.
- Point of Sales (POS) System, dalam rangka menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dan mengakselerasi kepuasan pelanggan, dengan menggunakan sistem Point of Sales (POS) dapat meningkatkan efisiensi operasional, pengelolaan stok yang lebih baik, dan informasi yang lebih akurat, POS membantu bisnis untuk tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.
- Accounting Management System merupakan sebuah solusi yang dapat memberikan kemudahan bagi Anda dalam merencanakan, mengawasi, dan mengontrol arus keuangan perusahaan. Produk Accounting menggunakan teknologi otomatisasi untuk mempercepat dan mempermudah proses akuntansi.
- Digital Marketing Service, dengan menggunakan produk digital marketing ini akan membantu dalam peningkatan dan pengoptimalisasian strategi pemasaran seperti Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).
- Social Media Marketing Service merupakan strategi pemasaran dengan menggunakan platform media sosial untuk membangun branding produk atau layanan.
- Website Development Service, membantu proses pembuatan dan pemeliharaan website dengan menggunakan berbagai teknologi untuk meningkatkan pemasaran property yang telah dimiliki.
- Virtual Reality (VR) memberikan pengalaman baru bagi wisatawan dalam menjelajahi properti Anda secara virtual. Dengan teknologi VR ini anda juga dapat mempromosikan usaha anda dengan membuat tur virtual ke dalam properti anda untuk meningkatkan value dan branding properti anda.
- Augmented Reality (AR) memberikan pengalaman canggih bagi wisatawan dalam mencari informasi akomodasi secara interaktif dan imersif. Bagi pemilik bisnis akomodasi pariwisata, teknologi AR ini dapat digunakan untuk menampilkan katalog destinasi akomodasi wisata dengan elemen digital yang interaktif, misalnya animasi 3D dari akomodasi seperti hotel atau tempat wisata.
- Ticketing System memudahkan Anda untuk mengelola banyak tiket baik objek wisata, desa wisata, maupun event yang ada di Bali.
- Transportation System membantu Anda untuk maksimalkan direct booking transportasi ke properti Anda.
- Marketplace UMKM (Made in Bali) merupakan platform yang didedikasikan untuk mempromosikan dan mendukung produk-produk lokal dari para pelaku UMKM yang berlokasi di Bali.
- Customer Relationship Management membantu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, memahami kebutuhan dan preferensi mereka, dan membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan. Sistem CRM membantu perusahaan dalam mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis informasi pelanggan, yang pada akhirnya membantu dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.
Dengan mengadopsi solusi digital yang canggih, Perumda Kerthi Bali Santhi dapat meningkatkan pendapatan bisnis sektor pariwisata, meningkatkan pengalaman wisatawan, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi wilayah. Dengan pendekatan inovatif ini, Pulau Bali akan tetap menjadi destinasi unggulan bagi para wisatawan dari seluruh dunia.