Perusahaan Umum Daerah

Kerthi Bali Santhi

Kreta Bali Samasta Perumda KBS Mengakselerasi Transformasi Digital BUMDES dan BUPDA

Denpasar, 29 Mei 2024 – Perumda Kerthi Bali Santhi berkomitmen dalam memajukan perekonomian desa di Provinsi Bali melalui pemanfaatan teknologi digital. Hal ini ditunjukan dalam penyelenggaraan event “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Desa melalui Kolaborasi Transformasi Digital antara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), dan Baga Utsaha Padruwen Desa Adat (BUPDA),”. Event ini dihadiri 114 dari 158 dari perwakilan Perbekel, BUMDES, Jro Bendesa Adat dan BUPDA dari  Kabupaten Bangli.

Direktur Utama Perumda Kerthi Bali Santhi (Perumda KBS), Bapak Alit Putra C.M.S., S.T.,M.Sc. menyatakan “bahwa terselenggaranya event Kreta Bali Samasta ini merupakan capaian penting dalam upaya kolaboratif untuk memajukan perekonomian desa di Bali melalui sinergi BUMD, BUMDES dan BUPDA. Kreta Bali Samasta mendukung terwujudnya kolaborasi antara BUMD, BUMDES, BUPDA, dan BUMS untuk mengembangkan berbagi potensi usaha di Desa serta  meningkatkan partisipasi antar badan usaha untuk bersinergi dalam mengembangkan Desa Wisata, serta meningkatkan daya saing dan promosi Desa Wisata di era digital saat ini.”

Perumda KBS dengan bangga memperkenalkan Kreta Bali Samasta Platform aplikasi berbasis cloud (web)  yang dapat digunakan dalam membantu BUMDES dan BUPDA dalam mewujudkan tata kelola yang efektif, transparan, presisi untuk menunjang pelayanan publik yang cepat dan mudah. Kreta Bali Samasta memungkinkan pengelolaan desa yang lebih efektif, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Perumda KBS berkomitmen dalam upaya mendukung terlanjutnya pariwisata di Provisi Bali, menghasilkan inovasi-inovasi yang memajukan sektor pariwisata dan perekonomian lokal. Dengan produk-produk inovatif seperti e-Jakti Bali Mandiri, Bali Xperience, dan yang terbaru Bali Heritage.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ibu Luh Gita Andari, S.E., Ak., “mengapresiasi event Kreta Bali Samasta yang diselenggarakan oleh Perumda KBS karena memiliki tujuan untuk membantu BUPDA dan BUMDES dalam tata kelola desa dan mendorong pembangunan desa yang berkelanjutan dan berkeadilan. Hal ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi Bali dan Perumda KBS yang berupaya memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan perekonomian desa. Kreta Bali Samasta dirancang untuk membantu BUPDA dan BUMDES dalam mengembangkan dan mengelola usaha di Desa secara modern dan transparan. Dengan sistem akuntansi yang rapi dan tata kelola digital yang baik, tradisi-tradisi berharga di desa dapat terjaga sambil membangun masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat guna mengelola desa.”

Aplikasi Kreta Bali Samasta mendukung penerapan teknologi digital dalam pengembangan usaha baik BUMDES dan BUPDA menjadi terintegrasi dan lebih mudah dioperasikan. Adapun fitur Aplikasi Kreta Bali Samasta meliputi fitur Simpan Pinjam yang memudahkan pencatatan transaksi keuangan dan laporan keuangan BUMDES;  fitur Bank Sampah yang membantu manajemen pengelolaan sampah berbasis sumber yang lebih baik sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali nomor 47 tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber; fitur Transaksi e-Toko yang memudahkan transaksi belanja berbasis aplikasi digital melalui smartphone; serta fitur  PAMDesa yang memudahkan pelanggan dalam memonitor penggunaan air bulanan dimana pembayaran tagihan dilakukan pada akhir bulan.

Kepala Bidang Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali, Bapak Kadek Doni Raditya, S.STP., M.Si “mendukung penuh inisiatif dan inovasi Perumda KBS yang bertujuan untuk mengembangkan potensi ekonomi dan sosial di masyarakat adat Bali untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa berupa peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan serta peningkatan pelayanan publik. Desa-desa kedepannya sudah harus mampu menciptakan kemandirian khususnya dalam  sistem pemenuhan kebutuhan dasar.”

Kreta Bali Samasta berpotensi besar dalam mengakselerasi pengembangan potensi ekonomi kreatif dan pariwisata di Desa. Aplikasi Kreta Bali Samasta menyediakan layanan terintegrasi pengembangan potensi usaha di Desa,  pengembangan dan promosi pariwisata berbasis Desa Wisata, pemasaran  produk-produk lokal. Melalui Kreta Bali Samasta diharapkan dapat mendukung terciptanya peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan serta peningkatan pendapatan masyarakat desa. 

Perumda KBS juga memiliki berbagai produk dan layanan inovatif lainnya seperti Bali Xperience yang merupakan Smart Itenary Plan berbasis Artificial Intelligence yang membantu wisatawan dalam merencanakan perjalanannya di Bali dengan mengedepankan pengalaman autentik dan tak terlupakan berbasis customer experience. 

Bali Heritage yang merupakan aplikasi digital warisan budaya bali dengan dengan lontar digitalnya yang memainkan peran penting dalam melestarikan dan mempromosikan warisan budaya Bali. Dengan akses mudah ke informasi otentik tentang sejarah dan budaya Bali, masyarakat didorong untuk mengapresiasi kekayaan budaya yang tak ternilai harganya. 

E-Jakti Bali Mandiri atau Portal Satu Pintu Pariwisata Bali (Posturis Bali) yang bertujuan untuk mengintegrasikan pelaku bisnis pariwisata Bali dalam upaya mewujudkan pariwisata berkualitas (quality tourism) dan pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) sehingga meningkatkan citra pariwisata Bali menjadi lebih bersinar lagi.

Kolaborasi BUMD, BUMDES, dan BUPDA dalam aplikasi Kreta Bali Samasta mendukung terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Pada akhir acara ini Direktur Bisnis dan Pengembangan Digital Perumda KBS, Bapak Putu Agus Bayu C.D.E “memberikan voucher sebagai bentuk apresiasi berupa free trial aplikasi Kreta Bali Samasta selama 6 bulan dan kami juga memberikan layanan Social Media dan Web Development bagi BUMDES dan BUPDA. “

Bersama, kita menuju era baru di mana teknologi menjadi alat utama dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Bali. Informasi lebih lanjut mengenai platform Kreta Bali Samasta di situs web resmi Perumda KBS https://kbsdigital.co.id/kreta-bali-samasta/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *